- Penulis: Romi Satria Wahono
- Bahasa: Indonesia
- Format file: HTML
- Publisher: IlmuKomputer.Com
- Tahun terbit: April 2003
Dasar Klasifikasi
Ilmu komputer adalah disiplin ilmu yang melingkupi cabang ilmu yang cukup luas, dari masalah teori-teori dasar sampai teknologi aplikasi. Pengklasifikasian Ilmu Komputer biasanya merefer ke Matriks Dennings, yaitu salah satu matriks penggolongan Ilmu Komputer yang diciptakan oleh Peter J. Dennings [1][2].  
Klasifikasi ini mengalami beberapa perbaikan, dimana versi terakhir adalah versi tahun 1999 [2][3]. Dalam versi terakhir ini ilmu komputer terbagi dalam 12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang). 12 subbidang Ilmu Komputer ini adalah: 
| Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures) | Bahasa Pemrograman (Programming Languages) | 
| Arsitektur (Architecture) | Sistem Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks) | 
| Software Engineering | Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database and Information Retrieval Systems) | 
| Artificial Intelligence dan Robotik (Artificial Intelligence and Robotics) | Grafik (Graphics) | 
| Human Computer Interaction | Ilmu Komputasi (Computational Sciences) | 
| Organizational Informatics | BioInformatik (BioInformatics) | 
Dennings memberi catatan khusus untuk bidang BioInformatik sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara Ilmu Komputer dan Biologi, dan saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. 
Kemudian seiring dengan peningkatan ilmu dan teknologi, ada kemungkinan matriks ini akan mengalami perbaikan lagi di kelak kemudian hari. Baris dalam matriks Denning ini menggambarkan bidang-bidang dalam ilmu komputer. Sedangkan kolom pada matriks menggambarkan paradigma bidang-bidang tersebut, yang direfleksikan dalam tiga hal: Teori (Theory), Abstraksi (Abstraction), dan Desain (Design).  
 Teori: adalah berlandaskan pada pendekatan matematika, dimana untuk mendapatkan suatu teori yang valid, harus melalui proses-proses sbb:
 - pendefinisian (definition)
- pembuatan teorema (theorema)
- pembuktian (proof)
- penginterpretasian hasil (interpret result)
 
 
 Abstraksi: atau pemodelan (modeling), adalah berlandaskan pada metode eksperimen ilmiah, dimana dalam melakukan invesitigasi terhadap suatu fenomena, harus melalui proses-proses sbb:
 - membentuk hipotesa (form a hypothesis)
- membuat suatu model dan melakukan prediksi (construct a model and make a predition)
- mendesain eksperimen dan mengumpulkan data (design an experiment and collect data)
- menganalisa hasil (analyze hasil)
 
 
 Desain: adalah berlandaskan pada pendekatann engineering (teknik), dimana pada saat mendesain sebuah sistem atau device untuk memecahkan masalah, harus melalui proses-proses sbb:
 - menyatakan requirement (state requirements),
- menyatakan spesifikasi (state specifications)
- melakukan desain dan implementasi sistem (design and implement the system)
- melakukan pengetesan terhadap sistem (test the system)
 
 
Dari penjelasan diatas, bisa kita pahami bahwa yang bergerak dalam masalah penelitian ilmu komputer akan banyak berhubungan dengan dua kolom pertama matriks (Teori dan Abstraksi). Sedangkan yang bergerak dalam masalah yang lebih teknis dengan memakai pendekatan engineering, akan lebih banyak berkecimpung dalam ruang lingkup dua kolom terakhir matriks (Abstraksi dan Desain). 
Klasifikasi Ilmu Komputer
Rangkumkan lengkap klasifikasi ilmu komputer berdasarkan Matriks Denning versi 1999 adalah seperti dibawah. Penulis sengaja melakukan perbaikan, penerjemahan, dan penyingkatan, untuk lebih mempermudah pemahaman terhadap klasifikasi ilmu komputer ini. 
Teori 
Abstraksi 
Desain 
Algoritma dan Struktur Data 
Teori Komputabilitas 
Algoritma Paralel dan Terdistribusi 
Program Aplikasi 
Teori Komputasi Kompleks 
Komputasi Paralel 
Algoritma Efisien dan Optimal 
Teori Graf 
Kriptografi 
Algoritma dan Teori Probabilistik 
Bahasa Pemrograman 
Bahasa Formal dan Automata 
BNF 
Bahasa Pemrograman 
Turing Machines 
Metode Parsing, Compiling, Interpretation 
Formal Semantics 
Translator, Kompiler, Interpreter 
Arsitektur 
Aljabar Boolean 
Arsitektur Nueman 
Produk Hardware (PC, Superkomputer, Mesin Von Neumann) 
Teori Coding 
Hardware Reliability 
Teori Switching 
Finite State Machine 
Sistem CAD dan Simulasi Logika 
Teori Finite State Machine 
Model Sirkuit, Data Path, Struktur Kontrol 
Sistem Operasi dan Jaringan 
Teori Concurrency 
Manajemen Memori, Job Scheduling 
Produk OS (UNIX, Windows, Mach, dsb) 
Teori Scheduling 
Model Komputer Terdistribusi 
File dan File Sistem 
Teori Manajemen Memori 
Networking (Protokol, Naming, dsb) 
Pustaka untuk Utilities (Editor, Formatter, Linker, dsb) 
Software Engineering 
Teori Reliability 
Metode Spesifikasi 
Bahasa Spesifikasi 
Program Verification and Proof 
Metode Otomatisasi Pengembangan Program 
Metodologi Pengembangan Software 
Temporal Logic 
Tool Pengembangan Software 
Tool untuk Pengembangan Software 
Database dan Sistim Retrieval Informasi 
Relational Aljabar dan Kalkulus 
Data Model 
Teknik Pendesainan Database (Relational, Hierarchical, Network, dsb) 
Teori Dependency 
Teori Concurrency 
Skima Database 
Teknik Pendesainan Database Sistem (Ingres, Dbase, Oracle, dsb) 
Performance Analysis 
Sorting dan Searching 
Representasi File untu Retrieval 
Hypertext System 
Statistical Inference 
Artificial Intelligence dan Robotik 
Teori Logika 
Knowledge Representation 
Logic Programming (Prolog) 
Semantik dan Sintatik Model untuk Natural Language 
Metode Pencarian Heuristic 
Neural Network 
Conceptual Dependency 
Model Reasoning dan Learning 
Sistem Pakar 
Kinematics and Dynamics of Robot Motion 
Model Memori Manusia, Autonomous Learning 
Teknik Pendesaian Software untuk Logic Programming 
Grafik 
Teori Grafik dan Warna 
Algoritma Komputer Grafik 
Pustaka untuk Grafik 
Geometri Dimensi Dua atau Lebih 
Model untuk Virtual Reality 
Grafik Standar 
Teori Chaos 
Metode Komputer Grafik 
Image Enhacement System 
Human Computer Interaction 
Risk Analysis 
Pattern Recognition 
Flight Simulation 
Cognitive Psychology 
Sistem CAD 
Usability Engineering 
Ilmu Komputasi 
Number Theory 
Discrete Approximations, Fast Fourier Transform and Poisson Solvers 
Pustaka dan Paket untuk Tool Penelitian (Chem, Macsyma, Mathematica, Maple, Reduce, dsb) 
Binary Representation 
Backward Error Propagation 
Teori Quantum 
Finite Element Models, 
Organizational Informatics 
Organizational Science 
Model dan Simlasi berhubungan dengan organizational informatics 
Management Information Systems 
Decision Support Systems 
Decision Sciences 
Organizational Dynamics 
Bioinformatik 
Teori Komputasi 
Model Komputasi DNA Kimia 
Organic Memory Devices 
Ilmu Biologi 
Protipe Retina dari Silikon 
Proyek Database Genom Manusia 
Medicine 
Model Database Genom Manusia 
Analisa Komputer Terhadap Struktur Enzim untuk Kesehatan 
ACM Computing Classification System (CCS)
 Association for Computing Machinary (ACM) sebagai asosiasi ilmiah bidang komputer tertua di dunia juga menyusun sistem klasifikasi untuk bidang komputasi (computing), yang terkenal dengan sebutan ACM Computing Classification System (CSS). ACM Computing Classification System terbagi menjadi tiga level, dimana sistem penyusunannya mirip dengan Dewey Decimal Classification System (DCC) yang saat ini digunakan sebagai standar penyusunan katalog buku di perpustakaan-perpustakaan. Sistem Klasifikasi ini terbagi menjadi tiga besar, berdasarkan tahun dikeluarkannya. Klasifikasi selengkapnya adalah seperti dibawah.
Association for Computing Machinary (ACM) sebagai asosiasi ilmiah bidang komputer tertua di dunia juga menyusun sistem klasifikasi untuk bidang komputasi (computing), yang terkenal dengan sebutan ACM Computing Classification System (CSS). ACM Computing Classification System terbagi menjadi tiga level, dimana sistem penyusunannya mirip dengan Dewey Decimal Classification System (DCC) yang saat ini digunakan sebagai standar penyusunan katalog buku di perpustakaan-perpustakaan. Sistem Klasifikasi ini terbagi menjadi tiga besar, berdasarkan tahun dikeluarkannya. Klasifikasi selengkapnya adalah seperti dibawah. Referensi
 Peter Denning, et al., "Computing as a Discipline," Communications of ACM, 32, 1 (January), 9-23, 1989.
 
 
 
 Peter Denning, "Computer Science: the Discipline," In Encyclopedia of Computer Science (A. Ralston and D. Hemmendinger, Eds), 1999.
 
 
 
 A. Tucker, Jr. and P. Wegner, "Computer Science and Engineering: the Discipline and Its Impact," In Handbook of Computer Science and Engineering, CRC Press, Chapter 1, 1996.
 
 

 

 




0 komentar:
Posting Komentar