1.01.2010

Pengantar Customer Relationship Manager (CRM)

- Penulis: Aloysius Heru Danardatu
- Bahasa: Indonesia
- Jumlah Halaman: 5
- Format file: PDF
- Publisher: IlmuKomputer.Com
- Tahun terbit: Maret 2004
- Download makalah lengkap: heru-crm.zip

Setelah era digital yang selalu menggunakan "e-" didepan semua kata seperti e-commerce, e-book, e-sales, e-mail, dst, Customer Relationship Management atau CRM merupakan akronim atau singkatan yang paling populer dikalangan orang-orang sales dan marketing. Kalau di-bahasa Indonesia-kan kira-kira adalah Manajemen Hubungan Pelanggan (MHP).
Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu bentuk aplikasi Teknologi Informasi (TI) di departemen penjualan atau marketing suatu perusahaan. Tetapi ide atau nafas dari CRM sendiri tidak lain dan tidak bukan adalah pelayanan, contoh nyatanya bisa ditanyakan ke penjaga warung dekat rumah yang mampu menjaga pelanggannya selama bertahun-tahun.
Artikel pertama dari penulis akan mencoba memaparkan apa itu CRM, sejarah CRM, apa yang ada di pasaran, implementasi CRM dan apa keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar