9.16.2011

Pengantar Digital Mark Reader

- Penulis: Muhammad Arif Rahmat T. dan Iping Supriana S.
- Bahasa: Indonesia
- Jumlah Halaman: 10
- Format file: PDF
- Publisher: IlmuKomputer.Com
- Tahun terbit: Desember 2003
- Download makalah lengkap: arif-digital.zip

Digital Mark Reader adalah inovasi terbaru dalam memasukkan data ke dalam sistem komputer. DMR "membaca" tanda pensil, pena, maupun spidol pada posisi-posisi tertentu yang telah ditentukan sebelumnya pada isian/form sebagai jawaban terhadap pertanyaan maupun penentuan pilihan dari daftar yang telah ada. Sistem pemasukan data DMR mengekstrak data berupa ada tidaknya tanda pada form yang telah diisi menjadi informasi yang lebih bermakna.
Teknologi DMR memungkinkan kecepatan tinggi dalam pembacaan data berjumlah banyak dan menyalurkan data tersebut ke komputer tanpa menggunakan keyboard. Proses lebih lengkapnya sebagai berikut:
  1. DMR melakukan pemindaian terhadap form menggunakan alat pemindai/scanner biasa yang tersedia di pasaran, model flatbed maupun dengan feeder. Penggunaan alat pemindai yang memiliki feeder akan memperkecil waktu pemrosesan.
  2. Data berupa citra digital yang sampai ke komputer selanjutnya disimpan dan dilakukan pendeteksian keberadaan tanda.
  3. Hasil pendeteksian tersebut kemudian diproses untuk memperoleh penyajian informasi yang lebih bermakna serta sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

0 komentar:

Posting Komentar