4.09.2013

Server Linux: Membangun Linux sebagai Internet/Intranet Server


- Penulis: Ahmad Sofyan

- Bahasa: Indonesia
- Format file: HTML
- Publisher: IlmuKomputer.Com
- Tahun terbit: 2003
Selama beberapa tahun terakhir, Linux hanyalah sebagai kuda hitam buat siapa saja yang ingin mencari alternatif selain Microsoft. Entah beranjak dari kebosanan, keluhan sistem yang tidak stabil, harga yang terlalu mahal, atau idealisme, membuat Linux menjadi pilihan. Satu hal yang cukup jelas, Linux terjangkau oleh rata-rata kantong orang Indonesia, dan dapat diperoleh programnya yang lengkap tanpa dicap sebagai pengguna program bajakan. Satu contoh menarik bahwa sejak India menerapkan hukum yang ketat terhadap pembajakan perangkat lunak, dunia IT (Informasi Teknologi) di India berkembang pesat. Pelaku IT 'dipaksa' untuk mempelajari dan mengembangkan perangkat lunaknya sendiri.
Hasilnya bisa dilihat bahwa India saat ini merupakan pemberi kontribusi yang cukup berarti dalam pengembangan IT dunia. Migrasi ke Linux User Friendliness atau kemudahan untuk dipergunakan oleh pengguna, adalah isu yang menarik dan sering muncul saat pengguna secara umum ingin bermigrasi dari Windows (atau sebagian diantaranya dari Macintosh) ke Linux. Keragu-raguan muncul bisa jadi karena absurditas dari istilah itu sendiri. Rekan saya yang bertahun-tahun menggunakan WS dan Lotus menjadi gagap saat memakai Word atau Excel. Dalam hati kecil ia beranggapan bahwa Word atau Excel lebih sulit, dan kurang user friendly.
Saat buku ini ditulis, literatur tentang Linux berbahasa Indonesia masih jarang ditemukan. Dalam mengisi kekosongan, penulis mencoba menyajikan semacam manual yang berisi langkah-langkah praktis. Penyusunan dilakukan sesistematis mungkin berdasarkan pengalaman mendesain beberapa jaringan berskala kecil. Bahasan yang ada bukanlah kajian mendalam tentang sistem, tapi merupakan metode langkah demi langkah bagaimana membuat sistem berjalan, diikuti dengan penjelasan singkat apa yang dilakukan oleh program pada saat dijalankan. Dengan mengikuti apa yang tersaji dalam buku ini, Linux sudah bisa dijalankan sebagai server internet atau intranet yang relatif tangguh.








a perdurable a day, helps you sleep, work and play

0 komentar:

Posting Komentar